Telematika adalah singkatan
dari Telekomunikasi dan Informatika. Jadi pengertian Telematika sendiri lebih
mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam
sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial
up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem
telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu
contoh telematika.
Layanan-layanan yang terdapat pada telematika
adalah :
1.
Layanan Informasi (Information Service)
Layanan telematika yang pertama adalah
layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi
dengan kendaran bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi
secara langsung. Contohnya : Navigation assistant (real-time traffic
information) Weather, stock information Entertainment and M-Commerce.
2.
Layanan Telematika
di bidang Keamanan
Layanan telematika yang kedua adalah layanan
keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan
informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat
mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Contohnya : Emergency rescue with
911, Car location tracing (thief-proof)
3.
Layanan Context-Aware dan Event-base (Context-Aware Service)
Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan. Contohnya : Vehicle Diagnostic Service, Car Insurance based on driving statistic
Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan. Contohnya : Vehicle Diagnostic Service, Car Insurance based on driving statistic
4.
Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery Service)
Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan. Contohnya : Yellow pages service
Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan. Contohnya : Yellow pages service
Teknologi yang terkait
interface telematika
Interface telematika adalah atribut sensor
dari pertemuan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi yang
berhubungan dengan pengoperasian oleh pengguna. Ada 6 buah teknologi yang
terkait dengan interface telematika, yaitu:
1.
Head up display system
Head-up display, atau disingkat
HUD, adalah setiap tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan
pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa
2.
Tangible user interface
Tangible User Interface
(TUI) adalah sebuah antar muka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan
informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu
teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi
obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem tersebut.
3.
Computer vision
Computer Vision adalah ilmu
dan teknologi mesin yang melihat, di mana mesin mampu mengekstrak informasi
dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu
disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori di balik
sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar.
4.
Browsing audio data
Browsing Audio Data
merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data
yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal digabungkan ke LAN
(local area network) untuk mendeteksi IP kamera.
5.
Speech recognition
Speech Recognition adalah
proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan dengan melakukan
konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio device (perangkat
input suara). Speech Recognition juga merupakan sistem yang digunakan untuk
mengenali perintah kata dari suara manusia dan kemudian diterjemahkan menjadi
suatu data yang dimengerti oleh komputer.
6.
Speech Synthesis
Speech
synthesis adalah transformasi dari teks ke arah suara (speech).
Transformasi ini mengkonversi teks ke pemadu suara (speech synthesis)
yang sebisa mungkin dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan dengan aturan –
aturan pengucapan bahasa.
- http://www.scribd.com/doc/42654932/Pengantar-Telematika-4ka04-Layanan-Telematika
- http://resty-pumpfh.blogspot.com/2009/12/layanan-telematika.html
- http://nti0402.wordpress.com/2011/10/12/layanan-telematika/
0 komentar:
Posting Komentar